Jumat, 15 Agustus 2014

Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca atau Terdeteksi

Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca atau Terdeteksi



HDD External Tidak Terdeteksi


Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca atau Terdeteksi


Tak usah bertele - tele lagi, kita cari tahu penyebabnya.

Penyebabnya adalah :

1. Driver hard disk eksternal tidak dikenali, ini bisa karena kesalahan file system pada HDD external
2. Port USB rusak, ini bisa kerusakan fisik – meski jarang terjadi –, atau drivernya bermasalah
3. HDD external tidak mendapat cukup pasokan daya
4. Driver Windows yang bermasalah
Karena kemungkinannya lumayan bervariasi seperti itu, maka untuk memperbaiki hard disk eksternal tidak terbaca, kita harus mencobai satu-satu untuk mencari penyebab yang sebenarnya.

Anda bisa mengeceknya dengan cara berikut.

Apakah Driver terdeteksi?

Begitu sebuah perangkat kita colokkan ke port USB, Windows akan berusaha mengenali perangkat tersebut. Coba colokkan HDD anda ke port USB, jika ada tombol on/off-nya, matikan lalu nyalakan kembali. Lihat apakah Windows mengenalinya. Silahkan lihat di Windows Explorer apakah HDD anda sudah muncul sebagai drive baru. Jika belum terdeteksi juga coba dengan cara Disk Management.

Berikut adalah cara menggunakan Disk Management.

Tekan Windows + R, ketik "diskmgmt.msc" di dalam kolom dialog Run, lalu tekan Enter.

Disk Management

Anda akan melihat daftar drive Disk Management Windows. Bahkan jika tidak muncul di komputer Anda. Di dalam Disk Management ini anda bisa menformat, menata partisi, mengganti nama drive, dll.

Pindahkan/colokkan harddisk ekternal anda ke port USB yang lain. Jika setelah dipindahkan terbaca, maka mungkin port USB anda yang sebelumnya bermasalah. Kalau anda memakai USB hub, coba sambungkan langsung ke laptop anda. Biasanya ini menjadi masalah karena USB hub tidak bisa memberikan daya yang cukup pada HDD anda.

Coba cek di Device Manager. Untuk membukanya tekan tombol Windows di keyboard kemudian ketik device manager di Search windows dan tekan Enter.

Device Manager


Carilah Disk drive dan lihat apakah Anda tanda seru kuning di sebelahnya. Jika ada tanda seru kuning, maka masalahnya adalah driver. Maka install-lah driver usb anda untuk mengatasi masalah tersebut. Bisa juga dengan cara install ulang driver usbnya biasanya untuk harddisk eksternal driver yang dibutuhkan adalah driver usb 3.0.

Kalau dengan cara - cara diatas masih belum bisa juga dan masih tidak terdeteksi. Kemungkinan Harddisk Eksternal anda yang beramasalah atau rusak. Saran saya pergi service center terdekat/ditempat anda membeli Harddisk Eksternal itu, tanyakan kenapa tidak terdeteksi dan coba untuk diganti kalau Harddisk Eksternal anda masih beragaransi.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Firdaustok bagikan. Semoga bermanfaat
sumber :http://firdaustok.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pesan disini,..!