Kamis, 26 Juni 2014

Tips dalam mendaftar PPDB Online.


Beberapa tahun terakhir ini saya sebagai operator PPDB online disekolah selalu saja melihat para calon peserta didik beserta orang tua dihadapkan pada kondisi yang membuat  mereka “galau” ketika mendaftar PPDB online, kegalauan tersebut seringkali akibat para pendaftar beserta orangtua,  salah dalam memasang  strategi sehingga merugikan diri sendiri.
Berikut ini saya bagikan tips singkat dalam menghadapi PPDB tersebut, sehingga kita dapat menghindari kegalauan tersebut  :
1.       Jangan gegabah, maksudnya kita sebagai pendaftar, atau orang tua calon peserta didik,  janganlah terlalu grasak-grusuk, mau cepat-cepat saja segera mendaftar, tanpa mempertimbangkan “ nilai jual”  atau “daya saing” nilai  kita dibanding nilai pendaftar lain,  kita harus tahu dulu posisi nilai kita dimana,  apakah nilai kita sudah termasuk kategori aman atau masih rentan tergencet oleh pendaftar lain. Mendaftarlah pada hari terakhir, atau dua hari terakhir, setelah kita dapat membaca situasi dan kondisi dan melihat pergeseran nilai detik – demi detik secara  real time di internet, kecuali kita sudah sangat yakin nilai yang  kita punya sudah pasti terjaring.
2.       Ukurlah diri sendiri, timbang – timbanglah kemampuan diri kita,  Pilihlah sekolah yang kira – kira nilai kita masuk disana, jangan terlalu memaksakan diri, serta membesarkan angan – angan untuk diterima di sekolah top, sedangkan nilai kita hanya lepas makan. Pilihlah sekolah  yang kira – kira nilai rentang nilainya termasuk nilai kita disana (saya sarankan hari terakhir saja)  , Sekali lagi intinya, janganlah memaksakan diri,  kalau kita  belum  siap untuk melepas kesempatan yang sudah ada. Jangan sampai seperti kata pepatah “ Gara – gara  mengejar puyuh berlari, pipit ditangan lepas jadinya”
3.       Maksimalkan 3 pilihan sekolah yang tersedia, tipsnya, pilihan 1 : sekolah Top (tetapi lihat juga nilai kita, apa kira – kira bisa terjaring atau tidak), pilihan 2  : sekolah level menengah dan pilihan ke – 3 sekolah sepi peminat, jangan memilih sekolah yang memilikil level sama,  Atau jangan sampai kita membuang kesempatan diterima disekolah yang lebih unggul, gara – gara kita terbalik menyusun pilihan, karena yang kita pilih, pilihan 1 : sekolah sepi peminat, pilihan ke-2  sekolah level menengah, sedangkan pilihan ke- 3 kita isi pilihan sekolah top.
4.       Pertimbangkan juga jarak rumah kesekolah, jangan sampai gara – gara kejauhan sekolahnya nanti, kita jadi sering datang terlambat,  sebagai contoh : kita tinggal di daerah simpang panam, ambil sekolah di SMA 11 kulim, siap-siaplah turing tiap harinya.
5.       Khusus orangtua, Berikan pengertian keputra - putri kita jikalau Ia tidak terjaring disekolah favorit yang diinginkan, tekankan bahwa keberhasilan kita tidak selaliu ditentukan dimana kita bersekolah.
Mungkin itu tips sederhana yang bisa saya bagikan untuk para calon pendaftar PPDB Online., semoga bermanfaat..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pesan disini,..!